No. |
Capaian Pembelajaran |
1. |
SIKAP =
S |
|
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
mampu menunjukkan sikap religius; 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan
Pancasila; 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga
dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada
negara dan bangsa; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,
agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial
serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
berma syarakat dan bernegara 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
akademik; 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 10. Menginternalisasi semangat kemandirian,
kejuangan, dan kewirausahaan |
2. |
KETERAMPILAN
UMUM = KU |
|
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis,
inovatif, bermutu, dan terukur dalam
melakukan jenis pekerjaan spesifik , di bidang keahliannya serta sesuai
dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,
dan terukur; 3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu
pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype,
prosedur baku, desain atau karya seni, 4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam
bentuk kertas kerja, sepesifikasi desain,atau esai seni, dan mengunggahnya
dalam laman perguruan tinggi; 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat
berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain , dan persyaratan keselamatan
dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaan nya; 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan
kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian
hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah
tanggung jawabnya; 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri
terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu
mengelola pembelajaran secara mandiri; 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan,
mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi; |
3. |
KETERAMPILAN
KHUSUS = KK |
|
1. Mampu menerapkan matematika, sains alam,
dan prinsip rekayasa ke dalam prosedur perancangan dan praktek pembuatan
detail gambar kapal serta bangunan apung lainnya untuk menyelesaikan masalah rekayasa yang
terdefinisi dengan jelas (well defined) pada bidang perancangan kapal 2. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan
masalah rekayasa bidang perancangan, detail gambar kapal dan bangunan apung lainnya, yang
terdefinisi dengan jelas (well-defined) menggunakan analisis data yang
relevan dari codes, database dan referensi, serta memilih metode dengan
memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan
lingkungan 3. Mampu merancang dan merealisasikan bentuk
dan karakteristik lambung (hullform), denah (Layout), komponen konstruksi,
rancangan system general kapal, stabilitas kapal, kegagalan struktur,
kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika) interior dan eksterior kapal.
serta bangunan apung lainnyasecara well defined yang memenuhi kebutuhan
spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah keamanan dan kesehatan
kerja dan lingkungan 4. Mampu melakukan pengujian dan pengukuran
stabilitas dan penentuan titik berat (G), buoyancy (B) serta metacenter (M)
kapal serta bangunan apung lainnya berdasarkan prosedur dan standar,
menganalisa, menginterpretasi, dan menerapkan sesuai kriteria codes 5. Mampu menggunakan software untuk menggambar
dan mendesain (CADD) kapal serta
bangunan apung lainnya dalam melaksanakan pekerjaan mulai dari gambar dasar
(key plan) sampai dengan gambar produksi (production drawing) 6. Trampil dalam mengaplikasikan ilmu
pengetahuan dan teknologi bidang pembuatan detail rancangan lambung,
layout, interior, eksterior dan struktur kapal (naval architect) 7. Mampu melakukan identifikasi kegagalan
struktur, material, layout penyebab
kegagalan perancangan kapal. 8. Mampu menganalisa kenyamanan desain kapal
berbasis ergonomi dan keindahan (estetika). 9. Menguasai keterampilan manajerial secara
profesional bidang perancangan, struktur kapal dan inspeksi pembangunan
kapal. 10. Mampu bekerja diatas air dengan aman dan
selamat 11. Mampu melaksanakan riset terapan bidang
pembuatan detail rancangan dan struktur kapal
sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. |
4. |
PENGETAHUAN = P |
|
1. Menguasai konsep teoretis secara umum sains
alam, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan
perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan bentuk
& karakteristik lambung ( hullform ), denah ( Layout ), komponen
konstruksi, rancangan system general kapal, stabilitas kapal, kegagalan
struktur, kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika) interior dan
eksterior kapal. serta bangunan apung lainnya 2. Menguasai konsep teoritis secara umum
cara-cara pengujian dan pengukuran stabilitas dan penentuan titik berat (G),
buoyancy (B) serta metacenter (M) kapal serta bangunan apung lainnya 3. Menguasai pengetahuan karakteristik secara
umum tentang material ferro dan non ferro untuk material pembuatan kapal
serta bangunan apung lainnya 4. Menguasai pengetahuan tentang codes dan
standard (Klasifikasi (BKI, LR, GL,
ABS, dll ), Solas, Marpol, ILLC, ISM Code, IMO dan ISO ) yang berlaku untuk
proses menggambar dan desain kapal dan bangunan apung lainnya. 5. Menguasai pengetahuan tentang material
pembuat kapal dan material interior kapal beserta pengaplikasiannya. 6. Menguasai prinsip dan issue terkini
mengenai proses desain kapal aluminium dengan mempertimbangkan aspek teknis,
ekonomi, sosial dan ekologi (lingkungan) 7. Menguasai pengetahuan tentang teknik
berkomunikasi secara efektif untuk bekerja dalam tahapan proses desain kapal
dan bangunan apung lainnya. 8. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan
teknologi desain kapal kecil ( small craft ) terbaru dan terkini 9. Menguasai pengetahuan prosedural dan
standar kerja (SOP) di bengkel/area kerja, laboratorium, serta
mengaplikasikan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam proses
desain kapal dan bangunan apung lainnya 10. Menguasai konsep teoretis secara umum sains
alam, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan
perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan bentuk
& karakteristik lambung (hullform), denah (Layout), komponen konstruksi,
rancangan system general kapal, stabilitas kapal, kegagalan struktur,
kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika) interior dan eksterior kapal.
serta bangunan apung lainnya |