Himpunan Mahasiswa Design and Construction Mengadakan Serangkaian Acara Comet 4.0


                     Himadec atau Himpunan Mahasiswa Design And Construction melalui Badan Semi Otonomnya, telah berhasil melaksanakan event rutin bersekala nasionalnya yaitu COMET (Competition Of Maritime, Education, And Training). Dan tahun ini merupakan tahun ke-4 semenjak acara ini diselenggerakan untuk pertama kalinya. Di COMET 4.0 terdapat beberapa sub event sebagai berikut.
   

Webinar Kemaritiman Nasional 4.0

 

                    Untuk menambah wawasan pengetahuan tentang dunia maritim Indonesia sekaligus pendobrak semangat kontribusi generasi muda, Himpunan Mahasiswa Design and Construction, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya mengadakan acara Competition of Maritime, Education, and Training (COMET) dengan sub-event yang menjadi pembukaan di COMET 4.0 yaitu Webinar Kemaritiman bertema “Pengelolaan Perbatasan dan Tata Ruang Laut”.

 

 

               Webinar ini dihadiri kurang lebih 150 peserta dari  berbagai universitas dan instansi yang ada di Indonesia. Antusiasme pemerhati bidang maritim Indonesia pada webinar ini sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari kepadatan calon peserta yang sempat terjadi pada saat registrasi online sampai dengan pengisian feedback, juga respon para peserta pada saat sesi tanya jawab ketika webinar berlangsung. Para peserta sangat bersemangat untuk mengajukan pertanyaan kepada para pemateri yang memang sangat ahli pada bidang Maritim.


Design Boat Innovation COMET 4.0

 

              Event Design Boat Inovation (DBI) yang merupakan serangkaian acara Competition of Maritim, Education and Training (COMET) 4.0 yang telah diselenggarakan selama empat tahun berturut -turut oleh Program Studi Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya hadir untuk menjawab fakta yang ada dengan pengadaan lomba Design Boat Inovation (DBI) yang diikuti oleh mahasiwa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Lewat tema "FISHERIES TECHNOLOGYCAL INNOVATION TO OPTIMIZE THE QUALITY OFF THE FISH IN WAKATOBI".



          Dengan harapan dapat mengembangkan sektor wisata maritim melalui mobilitas kapal yang sangat memudahkan pengguna untuk mengeksplor tempat dari berbagai sisi dengan meminimalisir kebutuhan. Event ini juga memicu ide dan inovasi baru yang dapat diaplikasikan seefisien mungkin untuk perkembangan di sektor maritim Indonesia sehingga menghasilkan nilai dari segi fungsional, estetika, teknologi, serta perbaikan perekonomian Indonesia.



Penilaian Design Innovation Competition Comet 4.0 ini menghasilkan 3 juara umum dari peserta seluruh Indonesia yaitu :

Juara 1             : DNA Hydromodeling/Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan perolehan nilai 89

Juara 2             : Cah Bagus Team 62/Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan perolehan nilai 88,67

Juara 3             : Bing Chilling/Universitas Indonesia dengan perolehan nilai 87,67


                                                                          Boat Race Competition COMET 4.0

      Apa itu Boat Race Competition?.Boat Race Competition merupakan suatu kegiataan perlombaan yang termasuk serangkaian acara Competition of Maritim, Education and Training (COMET) 4.0. Event ini terdapat dua cabang perlombaan, yang pertama tingkat mahasiswa dan yang kedua tingkat pelajar, dalam penyelenggaraan Event ini para peserta  diharapkan dapat membuat sebuah inovasi dan kreasi dalam membuat sebuah kapal. Pada Boat Race Competition 4.0 ini, untuk tingkat mahasiswa mengusung tema Innovation of Maritime Commercial Transportation in Society 5.0,


Berikut para pemenang Boat Race Competition pada COMET 4.0 ini :

-Kategori Pelajar

Juara 1 : Super Palvo Reborn/SMK Teknik PAL

Juara 2 : Doa Ibu dan Ayah/SMK Teknik PAL

Juara 3 : Sailendra team/SMA Negeri 1 Mojoagung

Fun Race : ESTUNGKARA/SMA Negeri 1 Mojoagung

Best Design : SKARIGA/SMK PGRI 3 Malang



Kategori Mahasiswa

Juara 1 : Cakalang 9/Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Juara 2:  Cakalang 1/ Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Juara 3 : Cakalang 5/ Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Fun Race : Progosuv/ Universitas Negeri Yogyakarta

Best Design : Arkana/Institut Teknologi Sepuluh Nopember